Bran Sibarani's Blog

Welcome Back

My photo
Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia
Hallo , My name is Bran Sibarani I am a student in 5 High School Balikpapan (SMALA BALIKPAPAN) on East Borneo , Indonesia And now i get into XI SCINCE 3 in that school. Always take your hope in God. And God Bless You All ... :] follow and add me in my Twitter and My Facebook the name of all is Bran Sibarani :] thank you

17 Agustus

Hymne Balikpapan

Thursday, February 18, 2010

ASTRONOMI(SISTEM PLANET)

 

TEORI-TEORI PEMBENTUKAN TATA SURYA

 

PROBLEM ORBIT LANGIT DUA BENDA DAN

 

KATEGORI PLANET

 

BESAR,MASSA DAN KERAPATAN PLANET

 

GERAK DAN BOLA LANGIT

 

Bola langit digunakan untuk menentukan posisi benda-benda langit sehingga memudahkan dalam pengamatan. Untuk keperluan itu, digunakan berbagai sistem koordinat bola langit.

 

 

EKLIPTIKA

Ekliptika adalah jalur yang dilalui oleh suatu benda dalam mengelilingi suatu titik pusat sistem koordinat tertentu.

Ekliptika pada benda langit merupakan suatu bidang edar berupa garis khayal yang menjadi jalur lintasan benda-benda langit dalam mengelilingi suatu titik pusat sistem tata surya.

SISTEM KOORDINAT

Sistem koordinat geografi digunakan untuk menunjukkan suatu titik di Bumi berdasarkan garis lintang dan garis bujur.

LINTANG BUJUR

Garis lintang yaitu garis vertikal yang mengukur sudut antara suatu titik dengan garis katulistiwa. Titik di utara garis katulistiwa dinamakan Lintang Utara sedangkan titik di selatan katulistiwa dinamakan Lintang Selatan.

Garis bujur yaitu horizontal yang mengukur sudut antara suatu titik dengan titik nol di Bumi.

HORISON

ASENSIOREKTA

Asensio rekta, atau dalam Bahasa Inggris disebut Right ascension (RA), dengan simbol α, adalah istilah astronomi yang dikaitkan dengan sistem koordinat ekuator. RA merupalam salah satu dari dua koordinat bola langit pada sistem koordinat ekuator. Koordinat lainnya adalah deklinasi.

Ascensiorecta (Right Ascension - RA) adalah busur pada ekuator langit yang ditarik dari titik vernal equinox ke arah timur hingga ke meridian benda langit.

RA bisa dibandingkan dengan garis bujur, diukur dari titik nolnya yang berada di titik Aries atau titik vernal ekuinoks. RA diukur dalam jam, menit, dan detik; dengan satu jam sama dengan 15 derajat.

 

DEKLINASI

Deklinasi, atau dalam Bahasa Inggris disebut Declination (Dec), dengan simbol δ, adalah istilah astronomi yang dikaitkan dengan sistem koordinat ekuator. Deklinasi merupalan salah satu dari dua koordinat bola langit pada sistem koordinat ekuator.

deklinasi adalah jarak antara benda langit dengan garis ekuator langit.

Deklinasi bisa dibandingkan dengan garis lintang, yang diprojeksikan ke bola langit, dan diukur dalam derajat ke arau utara dari ekuator langit. Oleh karena itu, titik di utara ekuator mempunyai deklinasi positif, dan titik di selatan mempunyai deklinasi negatif.

 

 

WAKTU/HARI MATAHARI DAN SEDERIS

GAYA PASANG SURUT                                                                             

  Gaya pasang surut adalah perbedaan gaya gravitasi yang dialami oleh permukaan benda, sehingga jika gaya gravitasi benda kalah oleh gaya pasang surutnya, maka benda akan hancur.

PENGARUH MATAHARI PADA CUACA DAN KEHIDUPAN

No comments:

Post a Comment